Tradisi mudik

Tradisi Menjelang Lebaran : Mudik Rame-Rame

Indonesia memang negara yang memiliki aneka ragam tradisi, salah satunya ya ini “Mudik Lebaran !”. Ya, mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang di lakukan oleh kebanyakan Masyarakat Indonesia di bulan ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri karena mereka tinggal jauh dari tempat asal, entah itu karena bekerja, belajar maupun memang telah pindah dan menetap di satu daerah yang jauh dari tempat asal karena berbagai hal. Mudik sendiri bagi masyarakat Indonesia mungkin hukumnya sunah muakad hehehe , , , karena tujuan mudik tidak lain adalah untuk merayakan hari raya dan bersilaturahmi dengan sanak saudara silaturahmi sendiri sangat di anjurkan oleh agama 👍👍

Prepare Sebelum Mudik

tip-periksa-kenderaanMudik tidak lepas dari barang bawaan, untuk itu supaya nantinya tidak berlebihan membawa barang, ada baiknya semuanya direncanakan terlebih dahulu apa saja barang-barang yang akan di bawa dan kendaraan apa yang akan digunakan nanti saat mudik. Kalau sekiranya barang yang akan dibawa terlalu banyak sehingga nanti akan mengganggu dalam perjalanan ada baiknya barang tersebut jauh-jauh hari di kirim ke alamat tujuan menggunakan armada pengiriman, sekarang banyak kan jasa pengiriman di Indonesia.

Selain barang bawaan, yang tidak kalah penting lagi adalah kendaraan. Tentunya kendaraan harus dalam kondisi prima mengingat jarak yang akan di tempuh mungkin sangat jauh, untuk itu cek secara teliti kendaraan yang akan mengantar ke tujuan, ada baiknya kendaraan terlebih dahulu di bawa ke bengkel untuk di lakukan service secara keseluruhan sehingga siap untuk melaju ke luar kota. Setelah semuanya beres keselamatan juga harus di prioritaskan selama perjalanan mudik nanti, untuk itu jaga kondisi tubuh agar tetap fit, terutama yang akan menggunakan sepeda motor saat mudik.

Antisipasi Kemacetan

055308_598722_macet_tol_dalam_kota_dSaat arus mudik nanti tentu jalanan akan di penuhi oleh kendaraan, baik itu roda empat, roda dua maupun tiga, dan ini akan memunculkan sebuah tradisi juga yaitu MACET, saat kita di tengah kemacetan tidak banyak yang bisa dilakukan selain menunggu arus mudik kembali LANCAR. Untuk itu rencanakan mudik dengan baik untuk menghindari hal seperti ini, ada baiknya ikut program BUMN yaitu mudik gratis, motor di truk, kita di bus, nyamankan. Sehingga saat silaturahmi nanti badan tetap segar.

Untuk mengurangi kemacetan ini pemerintah bersama BUMN mengambil langkah yaitu program mudik gratis terutama untuk pemilik kendaraan roda dua, karena roda dua di nilai menyumbang kemacetan terbesar di jalanan, untuk itu silahkan mendaftar program mudik gratis ini barangkali masih ada kuota.

Seperti yang di sampaikan Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartono ( Kemenhub ) bahwa tahun ini kuota Mudik Gratis 185 ribu orang dengan rute ke 29 kota menggunakan angkutan bus dan truk, kota-kota tujuan tersebut diantaranya : Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Blora dan juga rute ke Magelang, Yogyakarta, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Sragen, Cilacap, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung, yang nantinya akan di berangkatkan pada 21 Juni 2017 untuk Sepeda Motor dengan menggunakan angkutan truk dengan masa loading pada 19-20 Juni 2017 dan menggunakan ± 976 bus yang akan di berangkatkan pada 22 Juni 2017 dari Taman Mini Indonesia Indah.

Siap Mudik, Siap Untuk Selamat di Jalan

persiapanmudiklebaranDi tiap tahunnya arus mudik pasti memiliki cerita bagi pelakunya dan juga para pengamat arus mudik. Kemacetan, kelelahan, kecelakaan dan semua yang berkaitan dengan arus mudik pasti akan terjadi. Untuk itu pemerintah selalu menganjurkan kepada pemudik untuk selalu berhati-hati di perjalanan, istirahat jika merasa capek di tempat-tempat yang sudah di sediakan ( rest area ) dan aparat kepolisian pun akan di siagakan di titik-titik rawan dengan penambahan personel untuk mengatur arus lalu lintas demi kelancaran pengguna jalan. Bagaimana, sudah siap untuk mudik ? Tentunya keselamatan harus di utamakan, persiapkan segala sesuatunya hati-hati dalam berkendara demi sanak saudara yang sudah menunggu nun jauh di sana. Selamat mudik !

dan jangan lupa sambil mudik cek web aliapa.com menjual semua barang kebutuhan ada di saat hari raya idul fitri cek www.aliapa.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s