Kisah dua anak yang lucu

Saat belajar menjalani ibadah puasa, anak-anak sering merasa jenuh dan lapar, apalagi ketika waktu telah mendekati azan Magrib sebagai tanda buka puasa. Mereka tidak sabar lagi untuk segera menikmati sajian makanan yang tersedia. Agar kejenuhan dan ketidaksabaran ini dapat dihilangkan, salah satu caranya adalah memberikan cerita puasa lucu. Namun, sebaiknya cerita tersebut bersifat mendidik. Berikut ini contohnya.

cerita puasa lucu
Berikan cerita puasa lucu agar sang anak tidak bosan menunggu waktu berbuka puasa.

Cerita Pertama

Hasan dan Husen adalah dua saudara kembar berusia tujuh tahun. Pada bulan Ramadan, mereka belajar menunaikan ibadah puasa. Karena usianya yang masih kecil, Hasan dan HUsen hanya diminta ibunya berpuasa beduk atau setengah hari saja. Setelah itu, dilanjutkan lagi hingga azan Magrib. Menginjak hari keenam, dua saudara tersebut mendapatkan pengalaman puasa lucu yang sangat mengesankan. Selain itu, cerita tersebut juga memberi pelajaran yang sangat berharga pada mereka.

Pada hari Minggu, Hasan dan Husen ingin bermain ke rumah kakeknya. Sebelum berangkat, Hasan bertanya pada saudaranya. Dia merasa bingung jika nanti ditanya tentang puasa mereka.

Husen menegaskan akan menjawab dengan jujur jika dirinya hanya puasa setengah hari. Namun, Hasan merasa malu jika puasanya hanya puasa beduk. Oleh karena itu, dia lebih memilih menjawab bahwa dirinya puasa sehari penuh. Selain itu, dia juga ingin mendapat pujian karena bisa kuat berpuasa hingga Magrib.

Sampai di rumah kakeknya, keduanya memberi jawaban berbeda saat ditanyai tentang puasa mereka. Setelah mendengar pengakuan dari cucu-cucunya, kakek langsung menyediakan aneka makanan yang sangat lezat. Dari sinilah cerita puasa lucu tersebut terus berlanjut.

Menu yang sediakan tersebut hanya cukup untuk satu orang saja. Kebetulan, saat itu waktu telah mendekati azan Zuhur. Kakek sebenarnya tahu jika Hasan berbohong. Oleh karena itu, beliau ingin memberi pelajaran padanya.

Beberapa saat kemudian, kakek berkata bahwa azan Zuhur telah tiba. Bagi yang puasa beduk, ini adalah saatnya untuk berbuka. Sambil berkata demikian, kakek melirik Hasan. Anak itu langsung merasa bingung dan gelisah. Sementara itu, setelah mendengar penjelasan, Husen langsung melahap semua menu yang disediakan untuknya.

Melihat pemandangan itu, Hasan hanya dapat menitikkan air liurnya saja. Dia sangat menyesal telah berkata tidak jujur sehingga tidak dapat menikmati makanan itu. Namun, pada akhirnya, Hasan menyadari jika berbohong itu tidak baik.

Cerita Kedua

Cerita puasa lucu kedua ini juga masih berkaitan dengan perilaku yang ditunjukkan oleh Husen dan saudaranya, Hasan. Setelah beberapa hari belajar menunaikan ibadah puasa, mereka mendapat kiriman dua bungkus makanan dari kakeknya.

Setelah menerima makanan tersebut, Hasan langsung menyembunyikannya di bawah meja. Dia tidak mau membaginya dengan orang lain. Sementara itu, Husen hanya meletakkannya di atas meja makan. Dia ingin membagikan dan menikmati makanan itu bersama tetangganya yang kurang mampu.

Menjelang berkumandangnya suara azan Magrib, Udin segera mencari makanannya. Namun, ternyata, makanan yang yang diletakkan di kolong meja telah dicuri tikus dan yang tersisa hanya bungkusnya. Selanjutnya, kisah puasa lucu ini berlanjut dengan penampakan tikus yang berlari sambil menggigit makanan hasil curiannya.

Melihat tikus tersebut, Hasan segera mengambil sapu dan berniat memukulnya. Sayangnya, si tikus langsung lari ke luar rumah dan bersembunyi dalam lubang got. Setelah gagal mengejar tikus, napas Hasan langsung terengah-engah. Dia tidak kuat lagi menahan rasa haus setelah berlarian ke sana ke mari. Akibatnya, puasanya menjadi batal karena harus segera minum.

Itulah dua contoh kisah puasa lucu untuk anak-anak. Bagi yang suka mendongeng, cerita ini sebenarnya masih dapat dikembangkan lagi, apalagi di dalamnya terdapat muatan pendidikan moral yang sangat tinggi, terutama pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kejujuran dan kepedulian antarsesama. Mari raya kan hari kemenangan dengan belanja online di aliapa.com menjual berbagai macam produk kebutuhan anda dengan harga yang vantastik dan barangnya berkhualitas yuk buruan ke www.aliapa.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s